Palembang, 11 September 2020. Telah dilaksanakannya kegiatan pembagian masker pada beberapa minggu yang lalu tepatnya 27 Agustus 2020 bertempat di Pasar Kamboja sebagai kegiatan awal  gerakan 1000 masker, Kini Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang Kembali membagikan masker pada gelombang ke 2 yang masing-masing dilaksanakan pada 09 September di Desa Sembadak Kec.Pemulutan Kab. Ogan Ilir dan pada 11 September di Pemukiman Sekitar Perairan Sungai Musi daerah Kertapati.

Perlu diketahui bahwa Poltekkes Kemenkes Palembang menyelenggarakan kegiatan Gerakan Sejuta Masker ini bagi masyarakat yang dilakukan oleh setiap Jurusan dengan membagikan 1000 masker dengan  tema kegiatan Gerakan perempuan sumsel memutus rantai penularan covid-19 melalui disiplin menggunakan masker.

Selain itu juga kegiatan ini merupakan Gerakan Bersama Kementerian Kesehatan RI Bersama Poltekkes Palembang dan merupakan kegiatan Nasional karna seluruh Poltekkes se-Indonesia pada hari ini melaksanakannya secara serentak dan juga untuk pembagian masker ini juga  dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 melalui disiplin memakai masker dengan sasaran ibu-ibu.

Pada pembagian masker yang dilaksanakan pada tanggal 09 September Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Ibu Diah Navianti,S.Pd.,M.Kes, Sekretaris Jurusan Bapak Kamsul,SST.,M.Kes, Koordinator Kemahasiswaan Bapak Ebagustian Tamzil,S.Kep,Ns.,M.Kes, Koordinator Bidang Akademik Bapak Khairil Anwar,SKM.,M.Kes, Koordinator Laboratorium dan Praktikum Bapak Priyadi,SKM.,M.Kes, Dosen Bapak Sukarjo,S.Sos.,M.Kes, Tenaga Pendidik  pun hadir bersama anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan untuk membagikan masker tersebut.

Kemudian pada tanggal 11 September beberapa anggota HMJ Kesling yang menjadi delegasi ditugaskan untuk membagikan masker di wilayah perairan tepatnya di Pemukiman Sekitar Sungai Musi Daerah Kertapati yang dibagikan ke 2 RT setempat yakni RT 08 dan RT13 Kelurahan 1 Ulu,Kecamatan SU 1.

“Perlu ibu-ibu ketahui Covid-19 ini begitu unik dan tidak terlihat,  seseorang terlihat tidak memiliki gejala apa-apa, ternyata positif terkena virus corona. Untuk itu ibu-ibu harus menerapkan protocol kesehatan seperti memakai masker dengan baik dan benar, menjaga jarak minimal 1 meter, dan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan juga konsumsi makanan yang bergizi. Untuk penggunaan masker ideal nya ibu ibu sebaiknya mengganti masker setiap 4 jam ketika beraktifitas di luar rumah.  dan juga ibu-ibu sekalian jangan ragu untuk menegur orang yang tidak pakai masker, karena  kondisi adaptasi kebiasaan baru akan berhasil jika setiap fihak menjalankan peran dan fungsi nya masing masing dan saling mengingatkan dengan penuh tanggung jawab, saling menghargai dan melindungi”Ucap Ibu Kajur Kesling saat memberikan sambutannya Di Kantor Kepala Desa Sembadak,Ogan Ilir.

 

 

(Reported by HMJ)

Leave a Comment