Palembang,  30 Nopember 2020, Telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat  oleh Tim Dosen dan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, tepatnya pada hari senin, tanggal 30 November 2020. Tema dari Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah Meningkatkan Perilaku Hidup Sehat melalui Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Desa Pipa Putih, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Dosen yang beranggotakan 3 (tiga) orang dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan yaitu Kamsul, SST, M.Kes; Priyadi, SKM, MKes dan Ebagustian Tamzil, SKep, Ners, M.Kes. serta 5 orang mahasiswa Tingkat II yaitu Farhani Sucitami (NIM. PO713311915), Ghina Ajeng Felicia (NIM. PO7133119018), Heka Amsa Saputra (NIM.PO7133119019), Mirza Febriyanti (NIM. PO7133119025), dan Shapera  Aprillia (NIM. PO7133119037). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa, Kader kesehatan, ibu-ibu dasawisma dan PKK Desa Pipa Putih.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Kepala Desa dan dibuka oleh Pak Rudiyanto Kepala Desa Pipa Putih yang merespon sangat baik kegiatan ini, karena gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) perlu ditingkatkan lagi terkait pandemi Covid 19 dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Tim Pengabmas Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sehat masyarakat khususnya untuk melakukan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebelum dan setelah beraktifitas untuk memutus rantai penularan penyakit berbasis lingkungan termasuk pada pencegahan penularan COvid 19. Selain hal tersebut CTPS merupakan bagian yang tak terpisahkan agar tercapainya tujuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dilaksanakan di Desa Pipa Putih, Kecamatan Pemulutan,Kabupaten Ogan Ilir.

Selain penyuluhan dan sosialisasi pada kegiatan juga dilakukan demo tentang cara pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun sesuai standar WHO dan penyerahan 3 (tiga) set alat dan bahan cuci tangan kepada Kepala Desa Pipa Putih.

(Reported by PPM Prodi KL)

Leave a Comment