Palembang, 04 Agustus  2020.  Delapan puluh (80) Mahasiswa Baru Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang mengikuti  kegiatan  Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diselenggarakan oleh Poltekkes palembang dan Jurusan Kesehatan Lingkungan selama 4 hari dimulai pada hari selasa sampai dengan hari jumat, tanggal 04 Agustus s.d 07 Agustus 2020. Kegiatan dilakukan selama 2 hari di Poltekkes Palembang dan selanjut nya 2 hari dilaksanakan di Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Tema kegiatan PKKMB ini adalah “Menjadi Generasi Unggul yang mampu bekerja sama dan berperan aktif dalam dunia pendidikan di masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan PKKMB ini dibuka oleh Ka.Pusdik SDM Kes bapak Dr. Sugiyanto, dan kata sambutan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang Bapak Muhammad Taswin, SSi.Apt,MM.,M.Kes. Kegiatan ini juga dihadiri para wadir, ketua jurusan, kepala pusat dan civitas akademika Poltekkes Palembang.

Tujuan umum PKKMB tahun 2020 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Melalui PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global (Dirjen Dikti,2020).

Pada tahun 2020, Bangsa Indonesia dan bangsa di negara-negara lain sedang dilanda wabah COVID-19. Kondisi ini memberikan tantangan dan peluang untuk kita bangkit serta keluar dari rutinitas yang ada. Berdasarkan kebijakan pemerintah tentang bekerja, belajar, dan ibadah dari rumah menjadikan momentum yang baik untuk menciptakan kreativitas dan memanfaatkan teknologi sesuai dengan eranya. Mahasiswa baru saat ini sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan (Dirjen Dikti, 2020).

PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat (Dirjen Dikti, 2020)

Narasumber pada kegiatan PKKMB ini berasal dari internal dan eksternal, untuk narasumber internal terdiri dari Direktur, Wadir, Ketua jurusan, Sekjur, koord kemahasiswaan dan para pengelola institusi lainnya serta dari Himpunan Mahasiswa Jurusan. Sementara narasumber dari eksternal terdiri dari narasumber BNN, Lahan praktik (KKP Palembang dan Loka litbang Baturaja) dan organisasi profesi HAKLI.

(Reported by Koord Kemahasiswaan)

Leave a Comment