Palembang, 14 April 2020. Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) telah diterapkan oleh Poltekkes kemenkes Palembang. Institusi terus melakukan peningkatan dan adaptasi baik secara Teknologi, SDM Dosen, mahasiswa dan juga kesiapan mental. Metoda pengajaran yang digunakan dengan pembelajaran Daring dan memanfaatkan aneka Learning Tools untuk meningkatkan interaksi pembelajaran daring.   

Metoda yang digunakan oleh dosen dosen Prodi Diploma Tiga kesling dari teknologi yang Low-tech sampai dengan High-tech dengan prinsip PEDATI; Pelajari, dalami, terapkan dan Evaluasi.  Mahasiswa mendapatkan Materi bahan ajar bisa melalui e-mail, WhatsApp, Vilep (Virtual Learning Poltekkes Kemenkes), dan  Aplikasi google classroom. Mereka mempelajari secara mandiri kemudian dapat mendalami dan menerapkan dengan diskusi bersama teman dan dosen melalui Zoom clouds meeting. Untuk evaluasi belajar menggunakan Google Form, quizizz dan aplikasi lainnya.

Pandemi ini begitu mendadak dan tidak pernah terbayangkan sama sekali, Prodi D3 kesling tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder dan mewujudkan mimpi mimpi mahasiswa agar tidak tertunda, Dosen dosen berupaya untuk beradaptasi dengan kondisi ini. Awalnya terlihat berat, namun secara perlahan sudah mulai menjalani aktifitas dengan cara yang berbeda dengan tujuan yang sama. Semoga Pandemi ini segera berlalu. Tetap semangat Civitas akademika Jurusan kesehatan Lingkungan.

(Reported by Diah Navianti)

Leave a Comment