Palembang, 15 Agustus 2019. Telah dilaksanakannya penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) di Jurusan Kesehatan Lingkungan untuk Mahasiswa RPL yang secara resmi di tutup oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Diah Navianti,S.Pd.,M.Kes didampingi oleh Sekretaris Jurusan dan Para dosen yang bertempat di Ruang Kelas Prodi Kesehatan Lingkungan. Perlu diketahui untuk mahasiswa RPL telah mengikuti PKKMB selama dua hari terhitung mulai tanggal 13 sampai 14 Agustus 2019, para mahasiswa RPL yang hadir sangat antusias mengikuti serangkaian kegiatan pkkmb dan pemaparan materi dari para dosen.

Priyadi,SKM.,M.Kes yang merupakan dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan sedang memaparkan materi tentang Litbang dan Pengabdian Masyarakat pada kegiatan PKKMB Jurusan kepada mahasiswa-mahasiswi baru bertempat di Aula Rapat Jurusan Kesehatan Lingkungan. Mahasiswa-mahasiswi sangat antusias dalam mendengarkan materi yang sedang disampaikan tersebut. Dalam sesi tanya jawab yang dilakukan mahasiswa-mahasiswi sangat antusias untuk mengenal lebih jauh apa itu pengabdian masyarakat dengan begitu diharapkan mereka dapat memahami materi yang telah disampaikan dan dapat berguna saat proses pembelajaran nantinya.

Mahasiswa-mahasiswi baru bersiap mengikuti sesi games lomba estafet air yang diadakan di Lapangan Jurusan Kesehatan Lingkungan. Mereka sangat antusias dalam mengikuti sesi games tersebut terlihat disaat mereka saling bersorak mendukung temannya yang sedang berlomba tersebut. Didalam perlombaan estafet air tersebut diikuti oleh 10 kelompok yang terbagi menjadi dua sesi yakni 5 kelompok sedang berlomba dan 5 kelompok lain menonton mereka yang berlomba sehingga dengan begitu mereka saling menyemangati satu sama lain, perlu diketahui juga pada setiap sesi 1 dan 2 tersebut dipilih pemenangnya dan jika telah terpilih mereka akan menjalani fase final dengan memperebutkan juara 1, 2 dan 3

Mahasiswa-mahasiswi baru mengikuti sesi games lomba estafet air

Mahasiswa-mahasiswi baru juga malaksanakan penanaman bibit tanaman pada kegiatan PKKMB Jurusan Kesehatan Lingkungan dengan 10 macam bibit yang terdiri dari cherry merah 20 biji,cabe burung 20 biji,tomat 5 biji, jahe merah 10 buah, kunyit 10 buah, serai 10 tangkai, lengkuas 10 biji, cabe rawit 30 biji, kangkong akar 5 ikat dan pare warna kekuning-kuningan 5 buah yang akan ditanam pada pot bertempat di Halaman depan Jurusan Kesehatan Lingkungan. Penanaman bibit tersebut merupakan program yang telah dilaksanakan sebelumnya dan akan terus dilanjutankan, tujuan diadakannya penanaman bibit tanaman tersebut agar mahasiswa-mahasiswi dilatih untuk lebih mengenal cara bertanam dan nantinya jika bibit-bibit tersebut telah tumbuh dan berbuah akan dijual dan hasil penjualan tersebut akan disimpan untuk digunakan membeli bibit tanaman baru serta berguna dalam kegiatan lainnya.

Mahasiswa-mahasiswi baru malaksanakan penanaman bibit tanaman pada kegiatan PKKMB

Mahasiswa-mahasiswi baru selanjutnya mengikuti Apel Penutupan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Jurusan Kesehatan Lingkungan untuk Mahasiswa reguler yang secara resmi ditutup langsung oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Diah Navianti,S.Pd.,M.Kes didampingi oleh Sekretaris Jurusan dan Para dosen bertempat di Lapangan Jurusan Kesehatan Lingkungan. Dalam hal itu para mahasiswa-mahasiswi baru telah diajarkan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan mulai dari penyampaian materi oleh Para dosen,lalu dari sesi games yang dilakukan serta terakhir ditutup dengan pembakaran api unggun. Antusiasme mereka pun ditunjukkan dengan serius saat menjalani serangkaian kegiatan tersebut, diharapkan mereka dapat mengambil hal-hal positif dan bermanfaat yang telah diajarkan sehingga dapat berguna disaat proses pembelajaran di kampus.

Apel Penutupan yang ditutup langsung oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Diah Navianti,S.Pd.,M.Kes

Setelah dilaksanakannya Apel Penutupan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Jurusan Kesehatan Lingkungan, maka pada kegiatan tersebut selanjutnya diadakan prosesi pembakaran api unggun yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa baru yang didampingi oleh Sekretaris Jurusan Kesehatan Lingkungan H. Kamsul, S.ST., M.Kes serta bagian kemahasiswaan Jurusan Kesehatan Lingkungan Ebagustian Tamzil, S.Kep, Ns, M.Kes yang bertempat di Lapangan Jurusan Kesehatan Lingkungan. Prosesi pembakaran api unggun tersebut bertujuan untuk membakar semua atribut yang digunakan selama PKKMB Jurusan dan siap memulai lembaran baru dalam menjalani masa perkuliahan nantinya.

Prosesi Pembakaran Api Unggun Setelah acara penutupan PK2MB

(Reported by : Diah Navianti)

Leave a Comment